TPID Provinsi Sumbar Lakukan Capacity Building ke Sulsel

Pemerintahan1037 Views

RBNnews.co.id, Makassar – Sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Disperindag Sumbar melakukan kegiatan Capacity Building ke Sulawesi Selatan pada tanggal 4 sd 7 September 2023 lalu bersama anggota TPID Provinsi.

Adapun anggota TPID yang ikut serta yaitu Bank Indonesia, BULOG, Dinas Pangan, Disbuntahor, Disnakeswan, Dan Biro Perekonomian serta TPID 19 Kabupaten Kota yang diikuti oleh Sekda, Asisten atau Kabag Perekonomian masing-masing.

“TPID Sulsel adalah yang terbaik di wilayah Sulawesi, dimana harmonisasi TPID nya berjalan sangat harmonis, dengan modal sebagai salah satu lambung pangan di Indonesia” ujar Kadisperindag Sumbar, Novrial pada hari Kamis (07-09-23).

Beberapa program unggulan di Sulsel antara lain program benih mandiri, program rice to rice, neraca pangan, aplikasi e-panganan, kerjasama produsen dengan pasar modern/ toko swalayan, dan program lorong wisata khususnya di Kota Makasar.

“Sebagai lumbung pangan dan simpul pertumbuhan Indonesia bagian timur, Sulsel memegang peranan penting sebagai wilayah produksi” ungkap Novrial.

Baca Juga : Heboh!!! Viral Harga Listrik Rp 2.100 Per KWH di Batam

Baca Juga : Breaking News! Baru Hujan 2 Jam, Kota Batam Langsung Dilanda Banjir

Lihat Juga : Video Yang ditayangkan di RBNNewsTV Tentang Rempang Galang Mencekam, Korban Berjatuhan

Wilayah distribusi dan sekaligus sebagai pasar yang terdiri dari penduduk Sulsel, Provinsi tetangga dan wisatawan yang datang baik tujuan atau transit di Sulsel yang tentunya sangat berpengaruh bagi pengendalian inflasi, lanjutnya.

Beberapa program bidang industri dan perdagangan yang dapat di adopsi, tiru dan modifikasi (ATM) antara lain kerjasama produsen dengan toko swalayan dalam pemasaran produknya, neraca pangan untuk memonitor kondisi pangan antar Kabupaten/ Kota, dan aplikasi penjualan sembako yang memungkinkan masyarakat mengetahui informasi untuk dapat membeli lebih murah. (M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *